Minggu, 13 Maret 2011

Softskill (Manusia dan Kegelisahan)

KEGELISAHAAN

Merupakan reaksi natural terhadap factor-faktor dan pengaruh-pengaruh internal maupun eksternal . kalu kita melihat seluruh manusia yang hidup dimuka bumi ini akan kita dapati bahwa manusia dengan tabiatnya senantiasa dipengaruhi oleh kompleksitas ketakutan yang menuntutnya ke ambang kegelisahan .

Macam-macam kecemasan :
1. kecemasan keyataan (obyektif) : suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar .
2. kecemasan neorotis : timbul karena pengamatan tentang bahaya nalurilah .
3. kecemasan moril : disebabkan karena pribadi seseorang tiap pribadi memiliki macam-macam emosi .sikap itu sering membuat orang merasa khawatir,cemas,takut,dan putus asa
sebab-sebab orang gelisah karena seseorang yang memiliki kesalahan takut mengakuinya .

PENYEBAB KEGELISAHAN

KETERASINGAN : Kata asing berarti sendiri,tidak dikenal,sehingga kata terasing berarti tersisihkan dari pergaulan,terpisahkan dari yang lain atau terpencil dan juga terpisah dari yang lain . yang menyebabkan keterasingan adalah perilakunya yang tidak dapat diterima oleh masyarakat sehingga ia sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat .

KESEPIAN : Kesepian berarti sunyi atau lengang tidak berteman. Setiap orang pernah mengalami kesepian karena kesepian bagian hidup manusia lama rasa sepi itu tergantung pada mental orang dan kasus penyebabnya . bermacam sebab kesepian,frustasi dapat mengakibatkan kesepian . jadi kesepian itu akibat dari keterasingan . akibat sikap sombong,kaku,keras kepala,ksehingga dijauhi teman sepergaulannya .
Ayat yang menjelaskan dengan ketersaingan : “sesungguhnya agama (yang diridhai) disis allah hanyalah islam.tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al kitab kecuali sudah dating pengetahuan kepada mereka karena kedengkian dia antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat –ayat allah maka sesungguhnya allah sangat cepat hisabnya (qs ali imran 19)

KETIDAKPASTIAN : Tidak menentu , tidak dapat ditentukan ,tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas , keadaan tanpa asal usul yang jelas itu semua adalah akibat pikirannya tidak konsentrasi
Beberapa sebab :
1. obsesi
2. phobia
3. kompulasi
4. hysteria
5. delusi
6. halusinasi
7. keadaan emosi

usaha untuk ketidakpastian penyebabnya diketahui kemungkinan juga tidak dapat sembuh jika hal itu terjadi sebaiknya pergi sendiri ke psikologi .


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar