Sabtu, 12 Maret 2011

Ilmu Budaya Dasar (Manusia dan Penderitaan)

Pengertian penderitaan

Derita adalah menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat dirasakan lahir dan batin. Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada yang ringan. Namun, peranan individu juga menentukan berat-tidaknya penderitaan tersebut. Penderitaan yang dianggap derita oleh seseorang belum tentu juga derita bagi orang lain. Bahkan, bisa saja penderitaan seseorang adalah kebahagiaan untuk orang lain. Masyarakat sering menyebutnya Laugh In The Middle Of Sickness.

Akibat penderitaan

Penderitaan berakibat macam-macam. Ada yang positif ada pula yang negatif. Contoh akibat yang positif misalnya seseorang yang telah merasakan penderitaan justru mendapatkan hikmah besar dibalik penderitaan tersebut. Dan contoh negatifnya adalah justru orang yang merasakan penderitaan mengalami kegelapan dalam hidupnya. Oleh karena itu, penderitaan belum tentu tidak bermanfaat.

Siksaan

Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dan dapat juga berupa siksaan rohani. Akibat yang ditimbulkan dari siksaan seseorang adalah penderitaan. Siksaan yang dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Kekalutan Mental

Kekalutan mental dapat dirumuskan sebagai gangguan jiwa akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah secra kurang wajar.

Penderitaan dan Sebab-sebabnya

Ada banyak sebab-sebab yang ditimbulkan karena penderitaan. Diantaranya :

  • Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia

Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapa terjadi dalam hubungan sesame manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

  • Penderitaan yang timbul karena penyakit / azab Tuhan

Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit / azab Tuhan. Namun, kesabaran, tawakal, dan optimism dapat merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu.

Pengaruh Penderitaan

Pengaruh penderitaan ada 2 yaitu berupa sikap positif dan sikap negatif. Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan, dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan. Sikap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar